Home / Pendidikan / Mahasiswa KKNT UNCIP Adakan Festival Ekonomi Wisata di Pantai Karang Bayawak
IMG-20240914-WA0032

Mahasiswa KKNT UNCIP Adakan Festival Ekonomi Wisata di Pantai Karang Bayawak

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com – Jumat, (13/09/2024) Mahasiswa KKNT UNCIP Desa Cidadap Gelar Festival Ekonomi Wisata di Pantai Karang Bayawak Desa Cidadap Karangnunggal Kab. Tasikmalaya. Pagelaran Festival Ekonomi Wisata ini bertujuan untuk menghidupkan kembali Destinasi Wisata yang berada di Desa Cidadap serta membangun semangat bagi pelaku UMKM di Desa Cidadap.

Festival Ekonomi Wisata tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Cidadap, perangkat desa, Pokdarwis, Pokmaswas Desa Cidadap dan masyarakat cidadap serta dimeriahkan oleh Upacara adat, Live Music, Bazar UMKM lokal, Lomba Kreasi Layang-layang, dan penampilan Kreasi seni lainnya.

Dalam Festival Ekonomi Wisata juga diadakan acara Gunting Pita Peresmian Kembali Pantai Karang Bayawak dan menandakan aktivitas wisata di Wisata Pantai Karang Bayawak Desa Cidadap Karangnunggal berjalan kembali.

Desa Cidadap merupakan Desa wisata yang ada di Kab. Tasikmalaya. Salah satu destinasi nya adalah Wisata Pantai Karang Bayawak yang merupakan destinasi alternatif yang berada di desa terujung yang ada di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Sekretaris Desa Cidadap Mudi Sujana mengatakan dalam sambutannya “Mudah-mudahan desa wisata ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pengembangan ekonomi di masyarakat desa cidadap dan saya akan dukung membangjn fasilitas wisata lainya seperti mushola, jalan setapak dan wc,” Katanya

Selain itu, Olih perwakilan dari Pokdarwis berpesan agar warga Desa Cidadap bisa memelihara lingkungan Pantai Karang Bayawak dan warga Desa Cidadap bisa menikmati destinasi wisata di desa sendiri.

BACA JUGA   MAHASISWA TASIKMALAYA BERAKSI DENGAN KARYA

“Suasana pantai yang indah dan sejuk dari pohon cemara laut yang berada di sisi pantai membuat Pantai Karang Bayawak cukup banyak potensi di kunjungi wisatawan. Sehingga menjadi sumber utama mata pencarian sebagian besar masyarakat Desa Cidadap, baik UMKM lokal ataupun pengusaha kecil,” Ucap Olih

Abdul Rahman selaku Ketua Kelompok KKNT Desa Cidadap juga menuturkan bahwa “Harapan kami setelah adanya festival ini mampu menarik masyarakat lokal atau bahkan masyarakat luar, sehingga mampu meningkatkan tarap ekonomi yang ada di desa cidadap ini, dan juga adanya wisata ini bisa menjadi ciri tersendiri bagi desa tersebut bahwa di desa cidadap memiliki destinasi wisata yang tak akan terkalahkan oleh destinasi wisata di daerah lain,” Kata Abdul

Sekretaris Desa Cidadap Mudi Sujana menambahkan bahwa destinasi wisata ini harus lebih dikembangkan lagi dalam pemeliharaan fasilitas wisatanya dan objek pantai yang sangat indah jangan dicemari oleh sampah-sampah agar destinasi wisata ini memiliki daya saing yang kuat dengan wisata pantai yang lain.

“Alhamdulillah respon warga mengenai festival ekonomi wisata ini sangat antusias, karena dulu tempat yang hanya dijadikan tempat pembuangan sampah sekarang bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai,” Pungkasnya (den)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *