Home / Organisasi / Kwarcab Kota Tasikmalaya / Gerakan Pramuka Bisa Menangkal Penyimpangan Prilaku Kaum Muda
IMG-20240809-WA0053

Gerakan Pramuka Bisa Menangkal Penyimpangan Prilaku Kaum Muda

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Ketua Kwarcab Kota Tasikmalaya Drs H Muhamad Yusuf membuka secara langsung Jambore Raimuna Dan Kanira 2024, jumat (09/08/2024)

Yusuf dalam sambutanya menyampaikan kondisi Kota Tasikmalaya sekarang ini bahwa angka kemiskinan dan daya beli masyarakat dalam posisi yang kurang menggembirakan, hal ini berdampak terhadap tatananan kehidupan sehari-hari.

“situasi inipun dapat merangsang orang untuk melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji. bagi sebagian generasi muda akan mendorong melakukan tindakan kriminal atau lari dari kehidupan normal yang mengabaikan tata nilai yang baik,” kata Yusuf

Lanjutnya, akan tetapi bagi remaja yang kuat mental dan landasan spiritual keagamaannya, pembinaan yang baik di lingkungan keluarga, di sekolah dan aktif dikepramukaan atau organisasi kepemudaan lain.

“Remaja yang aktif setidaknya mempunyai mekanisme pengendalian diri yang baik yang dapat mencegahnya terhadap pengaruh- pengaruh negatif,” tuturnya

Dirinya meyakini, bahwa gerakan pramuka adalah sebuah organisasi pendidikan yang nantinya diharapkan akan menjadi suatu wadah pembinaan bagi generasi muda dan keberadaanya sangat diperlukan saat ini, untuk dapat menangkal berbagai penyimpangan prilaku kaum muda.

BACA JUGA   Mahasiswa STAINU Tasik Pilih Presma Secara Demokrasi

“salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan jambore untuk golongan penggalang, raimuna dan kanira untuk golongan penegak dan pandega, yang merupakan suatu kegiatan, pertemuan besar bagi pramuka” ucapnya

kegiatan jambore dan raimuna diselenggarakan dalam bentuk suatu perkemahaan. berisi kegiatan permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi, kepemimpinan, gotong royong, bakti masyarakat dan pembinaan mental spiritual dan kanira berupa perlombaan yang didalamnya ada lomba kata, seni, dan olahraga

Pun, menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak dalam persiapan penyelenggaraan kegiatan ini.

Baik kepada jajaran mabicab, andalan kwarcab, kwaran, mabigus dan para pembina pramuka untuk mengajak untuk kiranya dapat secara bersama-sama merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam mengoptimalkan pendidikan kepramukaan. terutama peningkatan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter.

“kegiatan ini bisa dijadikan sebagai upaya dalam rangka menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, memupuk generasi yang mandiri, kreatif, inovatif dan bertanggungjawab,” bebernya (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *