Home / Kab. Tasikmalaya / Pjs. Bupati Tasikmalaya Berziarah Ke Komplek Makam Pamijahan
IMG_20241015_115633

Pjs. Bupati Tasikmalaya Berziarah Ke Komplek Makam Pamijahan

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com – setelah ziarah ke makam leluhur Sukapura dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-392, Pjs. Bupati Tasikmalaya, Yedi Rahmat, SE,. berziarah ke Komplek Makam Pamijahan, Kamis (10/10/2024).

Ziarah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen, bersama jajaran Kepala SKPD dan staf Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Sampai ke kawasan pemakaman tepat tengah hari, rombongan membagikan bantuan paket sembako kepada para lansia dan penjaga makam. Rombongan kemudian berlanjut menaiki tangga menuju makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan.

Usai melaksanakan shalat dzuhur, do’a bersama dilaksanakan dengan dipimpin langsung oleh Kasepuhan Pamijahan, K.H. Endang Adjidin, berdampingan dengan para peziarah lain yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Syekh Abdul Muhyi adalah tokoh besar dalam catatan sejarah penyebaran agama Islam di Tasikmalaya pada abad ke-17. Beliau disebut sebagai tokoh yang pertama kali mendirikan pesantren di Tasikmalaya, yang mana pesantren tersebut bukan berbentuk bangunan melainkan sebuah gua yang ditemukan langsung oleh Syekh Abdul Muhyi.

BACA JUGA   Sebelum Pelaksanaan PSBB, Di Gelar Apel Pasukan Di Balekota

Jasa dan sejarah panjangnya tersohor ke seluruh negeri, membuat banyak peziarah dari berbagai wilayah di Indonesia tak pernah sepi menghampiri.

Pamijahan juga menjadi tonggak awal kawasan intelektual religi, yang menjadi tujuan banyak penimba ilmu agama dari dulu hingga kini.

Kesalehannya telah memenuhi kebutuhan pikiran dan hati, bahkan seusai kepergiannya ke sisi ilahi, kawasan rumah terakhirnya kini membantu masyarakat dari segi spiritual dan ekonomi. Beliau adalah Syekh Abdul Muhyi, sang kyai yang namanya tak pernah mati. (Rls)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *