Home / Sosial & Budaya / Verifikasi Lapangan BAZNAS RI : Langkah Awal Pendirian LAZ Hidayah Berbagi Indonesia di Kabupaten Ciamis
IMG_20240911_114845

Verifikasi Lapangan BAZNAS RI : Langkah Awal Pendirian LAZ Hidayah Berbagi Indonesia di Kabupaten Ciamis

Kabupaten Ciamis, Tasikzone.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia bersama BAZNAS Provinsi Jawa Barat dan BAZNAS Kabupaten Ciamis melakukan verifikasi lapangan di Kantor Pusat Yayasan Hidayah Berbagi Indonesia (HBI), yang berlokasi di Jl. Raya Cikoneng No.381, Margaluyu, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini merupakan tahapan penting dalam proses pendirian Lembaga Amil Zakat (LAZ) Hidayah Berbagi Indonesia tingkat kabupaten. Ciamis, (11/09/2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut Dodik Dwi Prasetyo, Staf Biro Hukum dan Kelembagaan BAZNAS Republik Indonesia, H. Achmad Faisal, S.Pd., Wakil Ketua IV BAZNAS Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Lili Miftah, MBA, Ketua BAZNAS Kabupaten Ciamis, dan H. Asep Imad Syarf, Ketua Yayasan Hidayah Berbagi Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Muhammad Farhan, Staf Biro Hukum dan Kelembagaan Baznas RI, Deri Husen Abdullah, S.Pd., Kepala Departemen Humas BAZNAS Provinsi Jawa Barat, H. Didin Sa’adudin AF, S.Ag., M.Si., Wakil Ketua III BAZNAS Kabupaten Ciamis, dan Kikin Muttaqin, S.Pd., M.Pd., Sekretaris BAZNAS Kabupaten Ciamis.

Secara daring, Muhammad Farhan, selaku Staf Biro Hukum dan Kelembagaan BAZNAS Republik Indonesia, menyatakan bahwa verifikasi lapangan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan lembaga calon LAZ dalam melaksanakan fungsi pengelolaan zakat dengan akuntabilitas dan profesionalisme. “Proses verifikasi ini sangat penting untuk menilai kesiapan dari sisi administrasi, operasional, serta kapasitas kelembagaan. Kami berharap Hidayah Berbagi Indonesia dapat memenuhi semua persyaratan sehingga dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan penghimpunan dan penyaluran zakat di Kabupaten Ciamis,” ujar Dodik.

BACA JUGA   Masyarakat Kurang Mampu Terima Paket Sembako Dari Polres Tasikmalaya

H. Achmad Faisal, S.Pd., Wakil Ketua IV BAZNAS Provinsi Jawa Barat, menyampaikan apresiasinya atas upaya Yayasan Hidayah Berbagi Indonesia dalam menjalani tahapan ini. “Pendirian LAZ Hidayah Berbagi Indonesia di Kabupaten Ciamis merupakan langkah strategis dalam memperluas jangkauan zakat, infak, dan sedekah di masyarakat. Kami melihat potensi besar dari yayasan ini dalam membantu mengatasi masalah sosial dan ekonomi di tingkat lokal,” ungkapnya.

Sementara itu, Drs. H. Lili Miftah, MBA, Ketua BAZNAS Kabupaten Ciamis, menekankan pentingnya sinergi antara LAZ dan BAZNAS dalam meningkatkan pelayanan kepada mustahik. “Dengan adanya LAZ yang beroperasi di tingkat kabupaten, kami berharap pengelolaan zakat bisa lebih terarah dan optimal. Sinergi antara BAZNAS dan LAZ merupakan kunci keberhasilan dalam menyalurkan zakat secara adil dan merata kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

H. Asep Imad Syarif, Ketua Yayasan Hidayah Berbagi Indonesia, menyampaikan komitmen penuh dari yayasan dalam menjalankan amanah sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penghimpunan dan penyaluran zakat. “Kami bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah melalui pendekatan yang profesional dan amanah. Kami berharap proses verifikasi ini berjalan lancar, dan LAZ Hidayah Berbagi Indonesia dapat segera beroperasi secara resmi,” jelas Asep.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama antara tim verifikasi BAZNAS dan pengurus Yayasan Hidayah Berbagi Indonesia sebagai simbol kerjasama yang erat dalam mewujudkan lembaga zakat yang kuat dan kredibel di Kabupaten Ciamis. (Rls)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *